Balanitis, Penyakit Kelamin yang Perlu Anda Ketahui
Uncategorized

Balanitis, Penyakit Kelamin yang Perlu Anda Ketahui

Balanitis adalah peradangan kelenjar, atau kepala, penis, karena infeksi atau penyebab lain. Balanitis bisa terasa tidak nyaman dan kadang menyakitkan, tetapi biasanya tidak serius. Ini dapat dihilangkan dengan obat topikal. Ini adalah kondisi umum, mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 25 anak laki-laki dan 1 dari 30 laki-laki yang tidak disunat pada suatu waktu dalam hidup mereka. Anak laki-laki di bawah usia 4 tahun dan pria yang tidak disunat berada pada risiko tertinggi, tetapi itu bisa terjadi pada usia berapa pun. Lebih mungkin jika ada phimosis, suatu kondisi di mana kulup penis terlalu ketat. Ketika anak laki-laki mencapai usia 5 tahun, kulup menjadi mudah ditarik, dan risiko balanitis turun.

Apa yang menyebabkan balanitis berkembang?

Balanitis adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau kondisi kulit kronis. Kebersihan yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi kulit. Baik pembersihan yang tidak memadai dan terlalu banyak pembersihan dapat menambah masalah ini. Kondisi ini sering disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri atau ragi. Kulit khatan penis adalah tempat yang ideal bagi organisme ini untuk tumbuh karena dapat menjebak kelembaban di sekitar kepala penis. Berikut beberapa penyebabnya :

– Luka pada ujung penis atau kulup dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

– Iritasi di area tersebut juga dapat menyebabkan balanitis. Iritasi dapat disebabkan oleh:

– tidak membilas sabun sepenuhnya dari penis Anda setelah mandi

– menggunakan sabun beraroma untuk membersihkan penis Anda

– menggunakan sabun batangan yang mengeringkan kulit

– menggunakan lotion beraroma atau semprotan pada penis Anda

– Beberapa obat pencahar, pil tidur, obat penghilang rasa sakit, dan antibiotik dapat menyebabkan balanitis sebagai efek samping. Ini disebut erupsi obat tetap.

Diagnosa

Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda dapat mendiagnosis balanitis berdasarkan gejala yang Anda jelaskan dan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Ia dapat menjalankan tes ini untuk memastikan, seperti:

– Tes glukosa serum (untuk menyaring diabetes)

– Tes laboratorium dari segala pelepasan

– Tes untuk melihat apakah Anda memiliki penyakit menular seksual (PMS)

– Tes untuk kondisi medis yang menyebabkan balanitis

Gejala balanitis

Pembengkakan dan kemerahan pada kulup dapat mengindikasikan balanitis. Gejala lain mungkin termasuk : kulup kencang, alat kelamin gatal, rasa sakit di area genital, kulit menyakitkan pada penis. Pembengkakan ujung penis Anda dapat menekan uretra Anda. Ini bisa menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan.

Perawatan

Perawatan untuk balanitis tergantung pada penyebabnya. Dalam kebanyakan kasus, dokter akan menyarankan zat apa yang harus dihindari, dan memberi pasien informasi tentang kebersihan.

Reaksi alergi

Krim antijamur dapat mengobati balanitis yang disebabkan oleh Candida. Jika peradangan tampaknya disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi, dokter mungkin meresepkan krim steroid ringan, seperti hidrokortison satu persen, untuk pembengkakan. Obat antijamur atau antibiotik juga dapat diresepkan. Ini mungkin tersedia tanpa resep, atau dapat dibeli secara online. Jika ada infeksi, pasien tidak boleh menggunakan krim steroid sendiri. Semua sabun dan iritasi potensial lainnya harus dihindari selama perawatan, dan sampai tanda-tanda dan gejala benar-benar hilang.

            Itulah penjelasan singkat mengenai penyakit kelamin pada pria. Balanitis adalah penyakit yang bisa dicegah dengan menjaga kebersihan organ intim. Selain itu, memastikan bahwa organ intim anda berada pada kondisi baik adalah keharusan. Sehingga, terhindar dari penyakit ini.

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

www.healthline.com

www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *